Kamis, Agustus 14, 2008

Makna Quantum

Istilah Quantum diambil dari Mekanika/Fisika Quantum yakni bidang studi yang mempelajari tentang zarah yang berukuran submikroskopis dan persifatannya secara teoretik dengan tinjauan sebagai superposisi gelombang yang sangat berbeda dengan tinjauan Mekanika/Fisika Klasik/Newton. Quantum berarti paket. Besaran-besaran dalam Fisika Kuantum seperti energi, jejari orbit elektron, momentum sudut, dll. bersifat diskret (terpaket-paket) yang tidak kontinu yang tidak sembarang nilai diijinkan.
Fisika Kuantum terlahir di abad 19 dari hasil pemikiran dengan paradigma yang sangat berbeda dengan Klasik terhadap hasil2 penemuan eksperimen yang tidak dapat dinalar oleh 'akal' klasik kala itu. Fisika Kuantum nampaknya sangat berbeda dengan Klasik, tapi masih terkait erat dengan klasik. Mungkin karena paling modern dan sangat berbedanya dengan klasik, dalam paradigma, inilah yang menarik untuk diangkat menjadi peristilahan modern, Quantum Teaching, Quantum Learning, Quantum Business, Quantum . . .,dll.
Ya... boleh-boleh saja, mengadopsi suatu istilah, yang penting harus tahu makna dan kalau bisa mengerti filosofinya, jangan asal comot-pasang, otak-atik mathuk, ikut-ikutan (monkey see monkey do) tapi tidak mengerti makna sebenarnya.

Tidak ada komentar: